Tips Menghemat Paketan Data XL

Bismillaah...




Pertama, saya mau mengucapkan kalimat syukur dan rasa terimakasih yang tak terhingga kepada Allah S.W.T yang telah memberikan apa yang saya mau.
Saya masih bisa membeli paket internet, walau harus memutar-otak agar awet dan selalu aksis sepanjang hari.


Rejeki, Rahmat dan terutama kesehatan yang tentunya merupakan anugrah yang sangat-sangat saya Syukuri.




Kedua saya juga hendak menyampaikan Sholawat dan Salam hormat untuk junjungan kita, Nabi Muhammad S.A.W yang telah membawa kita dari jaman jahiliyyah, menuju jaman yang terang-benderang, bertekhnologi maju dan penuh tantangan pastinya.




Oke sahabat, pada artikel kali ini, saya sekedar berbagi tips irit full hemat, bukan "tips gratis internet" yang banyak dicari orang.
Semuanya kembali ke diri Anda, seberapa mampu Anda membeli paket quota internet.
Seberapa banyak budget yang Anda peruntukkan untuk main internet.
Untuk apa saja Anda pergunakan quota data internet yang Anda miliki?




Smartphone Androidkah yang Anda pergunakan, i-pad, i-phone, tablet, laptop ataukah pc?
Yang jelas, harga paket data quota internet dewasa ini tidaklah murah, entah itu yang paket harian, mingguan ataupum bulanan.
Setidaknya itu menurut pendapat saya, Anda mau sependapat dengan saya ataupun tidak?
Ya terserah Anda.




Sip, jika Anda sependapat mari kita lanjutkan membaca tulisan ala #odong2_06 yang tidak ketahuan kapan dan dimana ujung-pangkalnya ini.




Jika Anda pengguna kartu sim XL, maka silahkan coba dan ikuti apa yang selama ini saya jalani dalam misi "hemat-irit paketan internet kartu XL bulanan serbu 20 ribu". Bagaimana, tertarikkah Anda.




Siap juragan? Mari simak step by step nya:
1. Siapkan gadget Anda yang mendukung sim card XL.
2. Keluarkan uang tunai senilai 23.000 dan datanglah ke konter terdekat.
Belilah pulsa 10.000. Dua kali pengisian pulsa, karena menurut pengalaman saya di XL tidak ada nomimal transaksi 20.000, yang ada 25.000. Tapi jika Anda mau membeli lebih ya silahkan saja.
3. Langkah selanjutnya setelah proses pengisian pulsa berjalan lancar, silahkan hubungi atau klik *123#, oke dan cari paket internet yang serbu bulanam 20.000.
Saya tidak hafal jadi silahkan coba sendiri.
Dan kadang-kadang juga berubah menu disitunya jadi saya takutnya nanti malah disalahkan.
4. Nah. Setelah Anda cari-cari dan klak-klik menu daftar pilihan paketan internetnya dan saya anggap Anda telah berhasil membeli paket internet serbu bulanan 20.000 (2,2 GB yang terbagi di jam 00-12 untuk 2 GB dan 200 MB dijam 12-24).




Sangat minim memang, terutama buat Anda yang sudah terlanjur menjadikan paketan internet layaknya kebutuhan pokok yang wajib ada. 2 GB paling cuma kepakai seminggu.
Tapi buat saya, sebisa mungkin agar dengan 2,2 GB ini saya masih bisa tetap aksis di dunia internet setiap hari selama satu bulan penuh.




Bagaimana caranya?
Mudah dan simpel saja, kita harus rajin mengechek sisa quota setelah kita membuka applikasi yang memakan data internet, misalnya facebook, bbm, line, game online dan lain sabagainya.
Antara jam 00 sampai jam 12 siang, kita punya jatah 2 GB.
Lumayan banyak, Anda bisa pilih waktu yang cocok dengan situasi dan kondisi yang Anda alami.
Bisa pagi-pagi sekali sebelum berangkat beraktifitas ataupun sambil beraktifitas kala senggang.
Usahakan sisa quota Anda hanya berkurang diangka 6-7.
Misal tadinya ada sisa 2 GB, setelah Anda buka ini itu, jika sisanya adalah 1,94 GB, segera matikan sambungan data di hp Anda.
Anggap saja jatah quota data dipagi ini telah habis, besok masih ada jatah lagi yang bisa kembali Anda pakai untuk berselancar didunia internet.
Dan siang sampai malamnya karena jatahnya harus cukup sebulan dengan 200 MB, Anda harus lega dan berbesar-hati menerima kenyataan bahwasannya kita cuma diberi waktu kurang-lebih sepuluh menit saja.
Silahkan buktikan dengan mengechek sisa quota, untuk saat ini (nov 2015) adalah dengan menekan *123*3*6*2# oke/yes. 200 MB, saya pakai sepuluh menit buat buka fb dan e-mail tertera sisa 194 MB.




Menurut pengalaman saya, kurang-lebih sejam saya nikmati diwaktu pagi dan sepuluh menit diwaktu malam untuk sekedar membuka fb, email, twitter, e-mail dll.




Walau cuma sebentar saja waktu di tiap harinya untuk bermain internet, tapi saya rasa cukuplah. Toh kita masih punya kesibukan lain, masih harus berkomikasi dan bersosialisasi dengan keluarga, tetangga ataupun teman. Dan pastinya menjalankan aktipitas, ibadah, istirahat ataupun merawat diri, berolahraga juga jangan sampai dilupakan hanya karena kalah dengan kehadiran gadget yang sekarang makin canggih dan full fitur.




Jika Anda rasa jatah sejam dipagi dan sepuluh menit di malam hari kurang, Anda bisa memilih paket data yang lain, misal yang pro 24 jam atau yang pro unlimited.
Tapi tentunya Anda harus merogoh saku lebih dalam lagi.




Inti dari artikel diatas adalah: "mari mulai dari sekarang bijaklah sedikit dalam manyambut kehadiran era tekhnologi gadget yang makin berlimpah fitur maupun performa.
Jangan sampai kita terkena dampak negatifnya, karna pastinya Anda pernah mendengar, entah di media online ataupun offline, cerita tentang seseorang yang menjadi korban dari dampak buruk sebuah gadget.




Oke kawan, saya cukupjan dulu artikel ini, dilain waktu Insya Allah saya sambung kembali.
Akhir kata,
Wassalamu 'alaikum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih tuk komentar Anda, thanks for your coment.